Tuesday 19 July 2011

Sedikit Tips tentang Password

Password. Merupakan bukti otentik bahwa manusia adalah makhluk individualis.
Benar kan?
Berikut beberapa tips menjaga keamanan password, beberapa dari pengalaman pribadi (hah??? jangan salah, jualan gudeg juga harus ngerti security, hehe...) Mudah-mudahan bermanfaat.

1. Simpan password baik-baik. Ingat baik-baik password Anda, apalagi jika itu menyangkut akun yang sangat berharga. Cukup hanya Anda dan Tuhan yang tahu. Bukan menyarankan untuk tidak mempercayai orang lain, hmm.... anggap saja password adalah doa, semakin tidak diucapkan semakin makbul :-)

2. Hindari menggunakan password berupa tanggal lahir, no KTP, nomor induk, atau hal-hal lain yang sangat melekat dengan Anda. Sedikit saja si pembobol mengenal kehidupan pribadi Anda, tertelan sudah.

3. Rajin-rajin mengganti password. Jangan dianggap sepele, Anda tidak akan pernah tahu spammer mana yang sedang mengintai Anda, atau jangan-jangan justru hacker.

4. Gunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda. Facebook, email, twitter, blog, semua satu password????!!! Oh tidaak... Ga lucu banget hanya gara-gara satu akun terbongkar lantas semua akun Anda terseret. Satu tips mudah mungkin Anda bisa merotasi password di antara akun-akun.

5. Oh ya, semaksimal mungkin gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka, dan simbol untuk password yang makin sulit dijebol. Repot dikit ga masalah, yang penting hidup tenang (halah). Terserah gimana, misal:  6ud3gpadang!

Hmm, sementara itu dulu. Next ada lagi ya saya tambahkan, atau ada yang mau menambahkan? :-)

5 comments: